Trust me

Dagang itu modal utamanya kepercayaan Bro… klo hal itu loe ga pegang, ga bakal lama usahanya bro..

pastinya kejadian seperti kehilangan kepercayaan dari customer selalu ada customer. baik disengaja (menyepelekan) atau tidak di sengaja.

contoh yang di sengaja, udah mau deathline sablonan masih belum di coel2 juga, ada aja alasan. tukang sablonan lagi beranak, maaf gan ane lagi sakit gigi, dll hadeuh… pusing dah customer nya..

yang ga disengaja, lagi nganterin barang eh.. barangnya kerampok atau kecebur ke kali..dll (apa aja dah bikin contohnya….yg pentingan ga sengaja)

intinya buat pelaku usaha, sebisa mungkin bisa menakar kemampuan dari teamnya dalam hal kapasitas produksi dalam 1 hari. serta kemampuan dalam hal lain (qualitas produksi dll) agar janji manis ke customer sesuai harapan

RESAH, GUNDAH GULANA, MAU MARAH, NANGIS, MAU TONJOK, SAKIT HATI PADA HARI ‘H’ NYA BARANG SABLONAN BELUM ADA ATAU BANYAK YANG REJECT (kata customer)

Keep trust bro….

TRUST ME, I’M A TUKANG SABLON PRO

Advertisements
Posted in Bisnis Sablon | Leave a comment

CARA MENGUMPULKAN MODAL UNTUK MEMULAI BISNIS SABLON

Banyak para pemula yang bertanya : berapa sih budget untuk memulai usaha sablon ?
jawaban relatif. ada yang memulai bisnis sablon dari modal dengkul…? loch kok dengkul di gadain…!! bukan itu maksudnya bro… artinya memulai usaha sablon dari tidak menyablon alias melempar ke orang untuk proses pengerjaannya, kemudian terkumpul receh demi receh dan mulai membeli perlengkapan sablon.

profit tshirt

dimana didalam proses pengumpulan receh itu ada ilmu sablon yang didapat, setidaknya sudah tahu perlengkapan apa yang harus dibeli beserta bahan2 sablonnya. akhirnya mulai proses menyablon sendiri.. dapat lagi recehannya yang lebih banyak… beli lagi perlengkapan sablon dan yang lainnya…
mulai terkumpul banyak dan bisa running bisnisnya…
artinya dari pengalaman ini… proses bisnis sablon ini bisa dimulai dari 0, hanya modal kenal sama tukang sablon yang bisa di percaya. and ente jadi brokernya. tapi yang paling penting adalah menyisahkan KEUNTUNGAN UNTUK DI PUTAR LAGI MENJADI MODAL.

Posted in Bisnis Sablon | Tagged , , | 3 Comments

SABLON HD

Adalah jenis sablon dengan cetak tebal atau timbul, biasanya juga di sebut sablon hight Density dan Straight Up. Sablon jenis ini banyak diaplikasikan di kaos-kaos distro dengan harga cukup tinggi.

high-density
cara dan proses pengapdrukan nya pun banyak cara. salah satu nya adalah : menggunakan obat biasa tapi diulang beberapa kali apdrukanya . contoh
1. apdruk screen depan belakang kemudian keringkan. lakukan expose film, semprot dan keringkan.
2 apdruk ulang screen yang sudah kering, hanya bagian depannya saja. setelah itu lap (pakai kanebo) bagian dalam screen (gambarnya saja) agar tidak tertutup dengan apdrukaan, kemudian keringkan
3 ulangi langkah ke 2. sampai 5-6 x

sumber : buku-bukuan screen printer attact

Posted in Cara menyablon | Tagged , | 2 Comments

GLOW IN THE DARK (menyala dalam gelap)

Adalah sablon yang menyerap dan menyimpan cahaya pada saat di tempat terang dan akan mengeluarkan cahaya / menyala pada saat di tempat gelap. untuk menghasilkan efek cahaya diperlukan bubuk fosfor yang telah di campur dengan tinta rubber clear atau transparan. untuk teknik sablon Glow in the dark bisa menggunakan tinta plastisol dan tinta rubber

Glow In the dark
bahan2 yang di perlukan :
rubber putih untuk underbase nya. 2-3x naik
rubber clear atau transparan
bubuk fosfor. pemakaian 5-10 persen di campur dengan rubber clear atau transparan
screen T54 / T61

cara penggunaaanya :
– tahap pertama gesut gambar dengan rubber putih 2-3x naik hingga solid
– tahap kedua bersihkan screen yg sudah di pakai tinta rubber
– tahap ketiga gesut gambar menggunakan tinta clear yang sudah di campur dengan bubuk fosfor.biasanya 2x naik
– terakhir finishing menggunakan hot press 130 derajat. 15-20 detik

Posted in Cara menyablon | Tagged , | Leave a comment

SABLON DISCHARGE

Discharge di dunia sablon bisa di artikan sebagai sablon CABUT WARNA. sebagai ilustrasi aja, bahan kaos yang berwarna hitam, pada awalnya berwarna putih, kalau mau disablon
dengan hasil yang soft di kaos warna hitam, kalau menggunakan teknik sablon biasa warnanya akan redup, tetapi kalau menggunakan teknik discharge warna kaosnya sesuai desainakan di buat putih dulu trus baru deh desainnya bisa masuk dan hasilnya menjadi soft.. (nyambung ga ya ilustrasinya…..:) )

discharge

Untuk hasil yang baik TINTA DISCHARGE bisa diaplikasikan di bahan katun yang reaktive karena pemilihan bahan akan menentukan hasil nya juga
alat2 yang di perlukan dalam pengerjaan proses discharge antara lain : timbangan digital (untuk menimbangan banyak ordoles yang akan di gunakan), heat gun atau curing gas/listrik dan mesin press

hal-hal yang perhatikan dalam proses discharge adalah pengeringan pada saat dimeja sablon jangan terlalu kering dengan hairdryer atau hotgun, justru baiknya cendrung lebih basah catnya.
sistem pengeringannya adalah saat cat masih basah lalu hotpress dgn panas 160 derajat selama 30 detik

 

Posted in Cara menyablon | Tagged , | 2 Comments

TEKNIK SABLON RASTER ATAU SEPARASI

TigerHead-Halftone-WebAdalah seni perpaduan warna, dimana perpaduan beberapa warna tertentu menjadi satu dalam warna warna baru. ada 2 hal penting dalam pengerjaannya : Hitungan dan Feeling.
prasyarat utama dalam proses ini kita hrs menjiwai, menikmati keseluruhan prosesnya. ketika kita melakukan sepenuh hati, maka hasilnya akan memuaskan.
Dan pastinya di bandingkan dengan hasil gesut dengan orang lain tentu beda. “Beda tangan Beda hasil”. hasil proses akhir, akan diketahui apakah seseorang menjiwai dalam
menyablonnya atau tidak…

PRASYARAT SABLON RASTER
1. Kualias gambar yang bagus
2. pecah warna yang akurat
3. print out yg baik
4. pengolesan obat aprduk merata, khusus untuk raster hanya permukaan atas aja yang di oles
5. pengeringan screen setelah di apdruk harus benar2 rata pengeringannya.
6. proses penyinaran – pastikan screen benar2 rata dengan kaca. tidak ada yang jomplang.
7. penyemprotan screen atau film, bisa menggunakan semprotan burung atau compressor

sumber : buku bukuan screen printing attact

Posted in Cara menyablon | Tagged , | Leave a comment

HPP – Harga Pokok Produksi

SketchNotesTEMPLATEwithTITLETEXT(bluelinesE)

HPP adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memproses bahan baku sampai barang jadi yang siap jual. oh.. emang perlu ya tahu hpp…?
ya perlu lah.. kalau tidak tahu trus bagaimana kita akan menentukan harga jual buat customer…?

HPP itu bisa terdiri dari
1. biaya bahan baku (biaya pokok sablon) contoh pasta, pigment, screen dll
2. biaya tenaga kerja langsung (operator sablon). contoh pegawai yang gesut
3. biaya overhead pabrik (biaya studio sablon) contoh biaya pemakaian mesin press, heat gun, makan, minum, rokok dll

simple nya seperti di atas, tinggal di ditambahin aja.. tapi jangan gede2 kenain biayanya, nanti harga jualnya jadi mahal..
untuk detil nya ada dibuka screen printing attack

 

Posted in Bisnis Sablon | Tagged , , | 2 Comments