Penggunaan Tinta Plastisol

ketemu lagi…

bagaimana menggunakan tinta plastisol…? pada umumnya cara menggunakan tinta plastiol sama saja dengan tinta rubber lainnya… tapi enaknya tinta plastisol tidak mampet jadi bisa gesut terus…

tapi yang perlu di perhatikan adalah cara pengeringannya… caranya tidak sama dengan tinta waterbases.. yang cukup menggunakan haidryer saja sudah cukup… kalau plastisol harus menggunakan heat gun.. yg memerlukan daya listrik yang tinggi. 1500 watt.  tapi katanya ada juga sih yg watt nya kecil bisa pakai heat gun… rata-rata mesin hot gun ada beberapa tombol pilihan suhu.. nah suhunya kecil bisa menggunakan daya listrik yang kecil.. katanya juga daya listrik rumah yang 900 watt juga bisa…. salah satunya merek sellery

tinta plastisol untuk situasi tertentu juga membutuhkan pengencer, agar waktu menggesutnya tidak terlalu keras dan lebih enteng.

Tinta plastisol warnanya sudah jadi.. ada juga sih yang base. seperti buat sablon glow in the dark, kalau untuk merek wiflek ada 15 macam warna. agan tinggal gesut aja. kalau ada yang tidak ada tinggal mixing color.  bisa menggunakan pantone. pantone itu apa..? tinggal tanya ke mbah google.  atau buku panduannya juga ada. tapi cukup mahal sekitar 2 jutaan..

tinta plastisol a one

terus bagi  yang mau belajar sablon enaknya pakai tinta apa…? ada seorang mastah mengatakan, enakan pakai tinta plastisol ga ribet.. ga terlalu berurusan dengan air dan juga tidak terlalu encer.. mau sablon apa aja bisa…

nah untuk teknik-teknik menyablon akan lebih dibahas tersendiri karena cukup banyak. atau bisa tanya di mbah google tentang teknik menyablon dengan tinta plastisol

yang paling mendasar yang  membedakan antara tinta waterbase (rubber, extender dll) dengan plastisol adalah proses membersihkan screennya. kalau tinta plastisol  cara membersikannya adalah :

1. Angkat sisa tinta yang ada di screen dengan menggunakan minyak tanah /bensin atau terpin dengan menggunakan lap.  caranya…? lap / bahan nya di basahkan dengan cairan yang di atas kemudian di lap ke screen yg ada tintanya.. sampai tinta plastisolnya tidak tersisa.  setelah itu proses proses pembersihan screen nya sama dengan yg proses pembersihan tinta waterbase. karena yang tersisa di screen hanya apdrukannya saja.

 

Alat Yang perlu yg sangat perlu di persiapkan pada proses finishing adalah

1. Heat Gun,

2 Mesin Hot Press / curring

 

 

 

This entry was posted in Cara menyablon and tagged , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Penggunaan Tinta Plastisol

  1. sansan says:

    bang,ane galau nih bang.
    nyemprot film raster susah banget.
    padahal polesan nya udah tipis,penyinaran 4 menit.
    dot yang gede² sih bisa bolong.
    tapi dot yang kecil banget susah bolongnya.
    minta tips nya dong bang…😦

  2. firdaus says:

    bos bisa ngak pengencer tinta plastisol pake m3. atau m4 rekomendasinya boss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s