Obrolan Sablon dengan Teman II – proses apdruk sablon separasi

apdruk 3

nah masih lanjutan dari hasil ” ngelmu sablon” dengan si akang di bandung.. dimana pengalaman ngapdruk dan buat film yang sudah puluhan tahun dari berbagaimana macam ukuran screen dan type baik dari kain korea, Italia dan japan.. sekiranya bisa ane acungkan 4 jempol tangan kaki buat pengalamannya yg banyak..

ane : nah kang tadi kan dah di jelasin dan di praktekin proses pembuatan film untuk sablon ngeblok, sekarang bagaimana proses pembuatan film untuk sablon separasi / raster yg perlu dot nya kecil…? gampang ga sih kang…?

akang : hhhmmm gampang kalau dah tahu cara dan obatnya.. kalau belum tahu ya susah lah nu… gini nu.. untuk gambar-gambar separasi biasanya ane pakai obat apdruk luar (impor) bukan local. karena cukup kuat sehingga gambar kecil (dot kecil) tidak ikut hancur waktu proses penyemprotannya… jadi bermula dari proses pemilihan obat apdruk juga mempengaruhi nu..dari beberapa obat local yang ane pakai agak kurang memuaskan jadi ane pakai yg impor

ane : hhhmmm gitu ya kang.. trus proses pengolesan ke screennya gimana kang…?

akang : begini nu.. kalau untuk tinta waterbase ane biasanya pakai screen T77 kalau plastisol bisa 90 ke atas..  tapi pada umumnya T77. pengolesan screennya cukup 1x aja baik di depan maupun di belakang. dan proses waktu penyinarannya tidak lama seperti buat film yang ngeblok.  dan setelah kering tidak perlu di timpa lagi dengan apdrukan…

setelah itu prosesnya samanya dengan buat film untuk nyablon ngeblok

++++++++++

nah ternyata dari sini kita tahu bahwa proses apdruk cukup banyak variasi. dan menurut penilaian ane proses apdruk si akang ini yang sudah mencapai standar untuk menghasilkan sablonan yang berqualitas… to be countinue untuk obrolan yang lain

 

This entry was posted in Cara menyablon and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Obrolan Sablon dengan Teman II – proses apdruk sablon separasi

  1. Wahyu says:

    Bos mau tanya… Tinta sablon itu bisa kita aplikasikan di Spet Cat kompresor gak ya?
    Mungkin mengubah cat => tinta tiner => M3 kira” bisa gak ya?

Leave a Reply

