Tinta Plastisol

tanya : Bro mau nyablon nih… tapi tintanya pakai plastisol ya….  jawab : hhhmmm (guabrak..). ane belum main plastisol bro….

buat pemula yang baru main sablon tentu agak bingung nih tentang tinta plastisol… apa itu tinta plastisol..?  ada yang mengatakan tinta plastisol masuk dalam category tinta solven base (basis minyak).. ada juga yang mengatakan tdk seperti itu.. tapi gampangnya sih basis minyak aja lah…

COVER + CONTENT PRINTEX 08

banyak ga para gesuter yang pakai tinta plastisol ..? sudah banyak gan.. yang ane tahu distro-distro hasil sablonannya sudah banyak yang pakai tinta plastisol..(sssttt jangan bilang-bilang ya…) :)  dan nilai jualnya juga lebih tinggi…

Kenapa pakai tinta plastisol…?

banyak alasan buat para gesuter yang memakai tinta plastisol.. yang paling utama adalah TIDAK MAMPET di screen… ada yang bilang : “di tinggal mudik, screen juga ga mampet … jadi bisa gesut kapan aja…”  gesut — istirahat — ngerokok–gesut lagi… tanpa pusing screen akan mampet…

TIDAK BANYAK LIMBAH.. umumnya tinta yang berbasis air seperti rubber akan meninggalkan sisa tinta yang kering  di screen, hasilnya waktu mencuci screen sisa tinta tersebut akan terbuang ke selokan air dan menjadi limbah.

HEMAT JUGA…  kenapa hemat..? karena tidak banyak tinta yang terbuang. karena bisa di pakai lagi.. karena tintanya tidak kering.. karena… karena… (kebanyakan karena…) :)

Dengan tinta plastisol gesuter bisa menghasilkan efek sablon yang bervariasi… highdensity, separasi, raster dll…

Cara Penggunaannya bagaimana…?

akan di tulis di artikel selanjutnya..

Posted in alat sablon | Tagged , | 3 Comments

SHARE WITH T SHIRT

Suatu komunitas tidak selalu identik dengan acara  hura-hura yg tidak bermanfaat buat orang. tapi dengan komunitas kita bisa “berbagi” kepada yang lain.. berbagi dengan sesama anggota dan berbagi kepada masyarakat. dengan komunitas banyak hal yang bermafaat yang dapat di lakukan bersama.

Hal ini yang dilakukan Komunitas Gesuter Bekasi.  suatu komunitas sablon yang terdiri dari para tukang sablon, tukang design, tukang SPS and ” tukang Broker” yg berlokasi untuk di area bekasi melakukan penggalangan dana untuk aksi kemanusia untuk “Gaza – Palestine”

kaos donasi gaza

t shirt For Gaza

Caranya pengumpulan dananya tentunya di sesuaikan dengan background dari komunitas tersebut yaitu SABLON. maka mereka membuat kaos dengan design “Pray For Gaza” untuk di jual ke masyarakat. hampir semua member bergerak untuk melakukan aksi kemanusiaan ini. mulai dari pengadaan bahan kaos jadi, proses produksi siang malam serta penjualan yg dilakukan melalui media sosial. hasilnya wallah…. 28. jutaan terkumpul dalam waktu 10 hari itu sudah di potong biaya produksi.. sampai akhir hari penyerahan ke lembaga yang menyalurkan donasi, dana yang terkumpul sebesar RP. 30.006.000… (semua keuntungan 100% diberikan untuk donasi Pray For Gaza).

 

donasi aksi kemanusian gesuter bekasi

penyerahan donasi aksi kemanusian gesuter bekasi

Menurut Komunitas ini, aksi kemanusiaan ini tidak akan berhenti hanya di Gaza saja, tapi bisa ketempat lain khususnya di negara indonesia ini.

so mari kita bentuk komunitas sablon di daerah-daerah lue orang yang bisa bermanfaat buat banyak orang termasuk untuk para membernya..

di undang acara talksow di radio Rasil untuk aksi kemanusiaan "Pray For Gaza"

di undang acara talksow di radio Rasil untuk aksi kemanusiaan “Pray For Gaza”

 “SHARE WITH T SHIRT”

Posted in Bisnis Sablon | 1 Comment

Kaos Polos Gildan

Tanpa jahitan samping / Build-up T-Shirt – barang IMPORT
Sangat cocok untuk sablon manual dan digital
Nyaman dipakai saat santai
100 % Cotton combed
Ketebalan bahan seperti katun 30’s
Lemes dan lembut
Berlabel Gildan
Size mengikuti sizing ASIA

list Harga kaos-GILDAN

 

 

Posted in kaos polos | Tagged , , | Leave a comment

Ukuran kaos

Bos.. ane pesen Kaos ukuran L, kok kayak ukuran M ya jadi sempit……!!!!!

nah mungkin sebagian gesuter pernah mengalami kejadian seperti ini.. termasuk ane. kadang beda toko beda ukuran, walaupun beda 1 cm. ga ngerti ane maksudnya apa.. (mungkin ngakalin biar hemat bahan dan harga bisa lebih murah..). namun sebagai customer tentu ada rasa kecewa… terutama bagi yang beli langsung kaos polos nya (tdk jahit sendiri..)

tapi katanya kualitas distro…nyatanya kualitasnya biasa saja….

jadi untuk masalah ukuran kaos gesuter harus tahu banget nih. kalau ukuran kaos untuk kelas distro pada umumnya ukurannya sudah standar untuk orang ASIA.  nah di bawah ini ukuran kaos yang ane ambil dari beberapa toko online yang menjelaskan ukuran kaos yang dijualnya. dan masih banyak lagi ukuran2 lainnya

ukurankaos

ukuran-kaostentunya beda ukuran beda harga.. tinggal pilih deh…

 

Posted in Meja Sablon | Leave a comment

Dark Room

setelah melihat tayangan para profesional di youtube dan melihat tempatnya si akang pada saat membuat film, kok ruangannya kayak bercahaya kuning gichu.. oh kayaknya nih lampunya berwarna kuning… tapi buat apa ya…

iseng2 tanya ke tempat si akang.. katanya : bikin aja dari kertas minyak yang warna kuning. ok kang langsung di coba deh.. begini penampakan videonya.

 

Posted in alat sablon | Tagged , | Leave a comment

Gambar or Desain Gratis

Gambar or desain mempunyai peranan yg sangat penting di dalam dunia sablon. gambar or desain yang biasa-biasa saja akan menghasilkan hasil yang biasa saja..

tapi kalau sedang proses belajar sablon, apakah harus bisa desain juga…? itu sih bisa pilihan. ga mesti bisa juga. kita bisa beli desain atau minta dibuatin desain sama teman.  dan kalau tidak semua nya kita bisa cari di internet desain yg unik and gratisan. tapi ini hanya untuk proses belajar saja.

nah untuk proses pencarian gambar kita bisa konsultasi ke mbah google. klik http://www.google.com.  kita coba cari desain / logo batman

search logo 1note : untuk mencarian gambar, gunakan selalu kata “Vector”. misal superman vector, sport vector dll.  karena kalau vector,  gambar yang kita dapat kemudian di olah lagi (di perbesar or perkecil) gambar tidak pecah. karena kalau gambar pecah sangat pengaruh sekali pada hasil sablonannya.   tapi vector itu apa gan…? hhmm tinggal cari deh di internet.., ane juga kurang paham.heheh

lanjut. kita klik aja web yg kita mau. misalnya seeklogo.com

search logo 2kemudian kita pilih salah gambar yang kita inginkan

search logo 3dan enter code kemudian klik download vector

umumnya filenya hasil download ber extensio EPS or CDR. kita bisa buka file nya di aplikasi Adobe Illustrator (AI). yg belum bisa ya harus belajar dulu.. ga perlu mahir or expertlah..

aplikasi AI nya dapat di download di http://portableappz.blogspot.com/search?q=adobe+illustrator

sekarang kita buka file tersebut di AI

search logo 7klo kita perbesar artwork nya tidak pecah

search logo 8

bedakan dengan gambar di bawah ini (yg pecah)

search logo 9

klo sudah sesuai, tinggal di print pakai printer laser. menggunakan kertas hvs (klo proses pembuatan filmnya masih menggunakan minyak) atau kertas karkir (tanpa minyak)

Posted in Cara menyablon | Tagged , | Leave a comment

Problems screen printing water base

permasalahan yg sering terjadi ketika menyablon menggunakan pasta rubber adalah SCREEN MAMPET, sehingga tinta tidak bisa keluar secara merata pada bagian gambar. dan sudah pasti hasil gambar tidak sesuai. bagi para pemula mungkin bingung kenapa tinta tidak keluar secara merata… screen mampet bisa cepat terjadi karena : kondisi ruangan yang panas. tinta rubber yang terlalu kental. dll.

solusi saat ini :

solusin 1 – siapkan kanebo setengah basah dan lap kering (bisa menggunakan bahan), lap screen yang mampet dengan kanebo setengah basah setelah itu di lap pakai bahan kering. atau pencegahannya adalah setelah proses sablon berhenti (mau istirahat, makan or ngerokok dulu), lap aja gambar yg di screen dengan kanebo setengah basah trus di lap kering.

solusi 2 – selalu tutup gambar yg di screen dengan tinta nya. dilakukan setelah proses  sablon. caranya dengam menarik kembali tinta dari bawah ke atas (tdk di tekan)

kondisi ruangan yang panas juga mempercepat screen menjadi mampet dan tinta menjadi cepat kental.

note : video dibawah ini hanya illustrasi cara mengelapnya..

Posted in Cara menyablon | Tagged , | Leave a comment