Dark Room

setelah melihat tayangan para profesional di youtube dan melihat tempatnya si akang pada saat membuat film, kok ruangannya kayak bercahaya kuning gichu.. oh kayaknya nih lampunya berwarna kuning… tapi buat apa ya…

iseng2 tanya ke tempat si akang.. katanya : bikin aja dari kertas minyak yang warna kuning. ok kang langsung di coba deh.. begini penampakan videonya.

 

Posted in alat sablon | Tagged , | Leave a comment

Gambar or Desain Gratis

Gambar or desain mempunyai peranan yg sangat penting di dalam dunia sablon. gambar or desain yang biasa-biasa saja akan menghasilkan hasil yang biasa saja..

tapi kalau sedang proses belajar sablon, apakah harus bisa desain juga…? itu sih bisa pilihan. ga mesti bisa juga. kita bisa beli desain atau minta dibuatin desain sama teman.  dan kalau tidak semua nya kita bisa cari di internet desain yg unik and gratisan. tapi ini hanya untuk proses belajar saja.

nah untuk proses pencarian gambar kita bisa konsultasi ke mbah google. klik http://www.google.com.  kita coba cari desain / logo batman

search logo 1note : untuk mencarian gambar, gunakan selalu kata “Vector”. misal superman vector, sport vector dll.  karena kalau vector,  gambar yang kita dapat kemudian di olah lagi (di perbesar or perkecil) gambar tidak pecah. karena kalau gambar pecah sangat pengaruh sekali pada hasil sablonannya.   tapi vector itu apa gan…? hhmm tinggal cari deh di internet.., ane juga kurang paham.heheh

lanjut. kita klik aja web yg kita mau. misalnya seeklogo.com

search logo 2kemudian kita pilih salah gambar yang kita inginkan

search logo 3dan enter code kemudian klik download vector

umumnya filenya hasil download ber extensio EPS or CDR. kita bisa buka file nya di aplikasi Adobe Illustrator (AI). yg belum bisa ya harus belajar dulu.. ga perlu mahir or expertlah..

aplikasi AI nya dapat di download di http://portableappz.blogspot.com/search?q=adobe+illustrator

sekarang kita buka file tersebut di AI

search logo 7klo kita perbesar artwork nya tidak pecah

search logo 8

bedakan dengan gambar di bawah ini (yg pecah)

search logo 9

klo sudah sesuai, tinggal di print pakai printer laser. menggunakan kertas hvs (klo proses pembuatan filmnya masih menggunakan minyak) atau kertas karkir (tanpa minyak)

Posted in Cara menyablon | Tagged , | Leave a comment

Problems screen printing water base

permasalahan yg sering terjadi ketika menyablon menggunakan pasta rubber adalah SCREEN MAMPET, sehingga tinta tidak bisa keluar secara merata pada bagian gambar. dan sudah pasti hasil gambar tidak sesuai. bagi para pemula mungkin bingung kenapa tinta tidak keluar secara merata… screen mampet bisa cepat terjadi karena : kondisi ruangan yang panas. tinta rubber yang terlalu kental. dll.

solusi saat ini :

solusin 1 – siapkan kanebo setengah basah dan lap kering (bisa menggunakan bahan), lap screen yang mampet dengan kanebo setengah basah setelah itu di lap pakai bahan kering. atau pencegahannya adalah setelah proses sablon berhenti (mau istirahat, makan or ngerokok dulu), lap aja gambar yg di screen dengan kanebo setengah basah trus di lap kering.

solusi 2 – selalu tutup gambar yg di screen dengan tinta nya. dilakukan setelah proses  sablon. caranya dengam menarik kembali tinta dari bawah ke atas (tdk di tekan)

kondisi ruangan yang panas juga mempercepat screen menjadi mampet dan tinta menjadi cepat kental.

note : video dibawah ini hanya illustrasi cara mengelapnya..

Posted in Cara menyablon | Tagged , | Leave a comment

My Little workshop

nah dibawah ini adalah beberapa penampakan dari workshop ane. kecil sih n dan pasti ga besar, seperti para senior SPS lainya.  dah ada meja sablon rotary merk “Ryonet” (yg mau beli kunjungi web sitenya di http://www.silkscreeningsupplies.com/), meja frame, tinta rubber quaret (local), tinta rubber Matsui original (impor) ga dicampur2, Tinta Plastisol Wiflex, screen berbagai ukuran (maksimal 40×50) dll. yah cukuplah buat para pemula buat main sablon

toko alat sablon mini toko alat sablon

Posted in alat sablon | Tagged , | 7 Comments

The Billionare

Saran dari teman : coba tonton deh film the billionare, sederhana tapi bagus buat para pemula yang mau menjadi pengusaha. pengusaha apapun…

hhhmmm boleh juga, cari sana sini.. ternyata di youtube ada filmnya. download and nonton dah… filmnya sederhaha, menceritakan proses seorang gamers yang baru duduk di bangku SMA (istilah di indonesia).. dengan hobi bermain game ternyata dia bisa menghasilkan uang yang cukup banyak. tapi ntah kenapa dia tidak melanjutkan menjadi gamers terus..tapi membanting stir mencari peluang usaha yang lain…

singkat cerita setelah melalui proses kegagalan dan masalah yang di hadapi berulang-berulang, akhirnya dia menemukan usaha yang cocok dan sampai sekarang masih berjalan yaitu : snack rumput laut ( klo ga salah ) di mana produknya terpampang di semua store Seven Eleven di seluruh dunia…termasuk di indonesia. dalam usia 26 tahun penghasilan pertahun nya sebesar Rp. 450.000.000.000 ( bisa bacanya ga gan………? )

product nya nih :

tao kae noi

filmnya :

Posted in Bisnis Sablon | Leave a comment

Sukses dgn Palu Gada

“Palu Gada” istilah yang baru ane denger lagi.. setelah di search di mbah google, ternyata artinya “Apa yang Loe Mau Gw ada”.  nah istilah ini dipakai sama juragan konveksi anggie.  yang menurut ane dah cukup lumayan berhasil lah bergerak di industri sablon.

nah hari minggu sore 08/09/13 ane menyambangi ke workshopnya sama kuru (nama panggilan orang nih) spm juga. iseng-iseng kita ngobrol sekalian lihat-lihat siapa tahu ada yang bisa di ajak kerja sama (hahaha)

nah berawal dari obrolan – obrolan iseng sekitar sablon dan usaha yang di rintis, juragan anggie berbagi cerita atau sharing sama kita orang..

konveksi

dia bilang sih semua ini berawal dari waktu kuliah sudah coba-coba menyablon. mulai dari cari orderan kemudian lempar ke orang nyablonnya kemudian  nyablon sendiri dan sampai punyai mesin jahit dan beberapa tenaga kerjanya.. ya prosesnya sih ga langsung jadi begitu aja sih.. ada jalan yang berliku liku yang banyak di lalui.

pokoknya di dunia sablon gw palu gada aja..”katanya”. dari situ banyak pelajaran yang di dapat. karena kalau nunggu bisa ya ga jadi-jadi. yang penting loe tahu channelnya.. jadi gampang ngelemparnya..dari obrolannya gw sih bisa ambil beberapa point yang mungkin bisa kita ambil pelajarannya khususnya di industri garment or sablon or apalah..

1. ga mesti bisa sablon untuk usaha di dunia sablon. yang di perlukan channel atau tukang or konveksi yang bisa di ajak kerja sama. kita hanya menjual saja. caranya ya palu gada tadi..

2. nyablon sendiri, desain sendiri dan  cari pasar sendiri – yg sekarang banyak terjadi buat pemula

2. nah bagi yang punya ke ahlian menjahit dan potong bahan bisa bekerjasa dengan tukang sablon. jadi istilahnya bahan dari kita dan disablon sama orang. trus setelah di sablon baru kita jahit lagi.

3. punya workshop sablon dan mesin jahit dan nyablon sendiri. tentu modalnya cukup besar dan dah pasti harus punya pelanggan.

sebenarnya sih banyak cerita-cerita yang lainnya. tapi ga bisa ditulis semua.

nah dari point-point di atas silahkan di pilih aja ya bro..  kira-kira kita ada di point mana…

 

Posted in Bisnis Sablon | Tagged , , | Leave a comment

Diagram/roda warna – colour wheel

warna mempunyai peran sangat penting dalam menyablon, salah warna ya bisa di complain sama customer. bagi yang belum berpengalaman (kayak ane…) memang agak sulit untuk menentukan warna dengan kondisi bibit warna yang seadanya.  tapi sebenarnya sih ada panduannya. ada yang bayar ada juga yang gratis.. yang bayar tentunya lebih lengkap dan lebih detil macam-macam warnanya serta jumlah persentase campuran cat nya. yang pernah ane tahu sih kayak tinta merek matsui dan wiflex mengeluarkan panduan campuran tintanya.. harganya sekitar sejutaan… (untuk panduan warnanya)

nah bagi yang mau gretongan alias gratisan bisa juga pakai colour wheel – roda warna. ane sendiri sih belum terlalu bisa.. dah coba sih cuman belum berhasil semua…

caranya bacanya..:

warna primer : Merah, Kuning dan Biru

jadi pertama-tama warna kuning di campur warna biru, maka jadi warna hijau. kemudian kalau warna kuning di campur warna merah, maka jadi warna orange. warna merah di campur biru, maka jadi warna violet.

warna sekunder : orange, hijau dan violet

orange di campur kuning, maka jadi warna yellow orange. kuning dicampur warna hijau, maka jadi warna yellow green. hijau di campur biru, maka jadi warna blue green.. dan seterusnya..

jadi cara campurnya di loncat-loncat dan hasilnya yang di tengahnya..

colour wheelnote : ane ga bisa menjamin warna nya bisa jadi ya… karena ane juga blm bisa semua hehehe… (jadi jangan call / sms untuk complain.. geer) yg dah pasti sih kuning di campur warna biru dah pasti hijau…  yah tinggal di experimen aja terus.. namanya juga gretongan hahaha. ‘BELAJAR DARI KESALAHAN”.

klo mau donload bisa cari di mbah google “free colour wheel download”. ane lupa alamatnya.

Posted in Cara menyablon | 3 Comments